Blogroll

Selasa, 30 April 2013

Cara Agar Komputer Tidak Lambat Dan Lag

Assalamualaikum Kawan








Semua pengguna komputer di dunia ini menginginkan komputernya cepat dan tidak lambat, agar pekerjaan di komputer lebih efektif dan cepat.
Langsung saja, begini cara agar komputer anda tidak lambat.

1. Jangan menjalankan terlalu banyak program yang tidak diperlukan. Hal ini akan memperlambat komputer karena memakan resource/space pada ram. Sesuai teori, semakin besar ram maka semakin cepat komputer berkerja. Sebaliknya, semakin kecil sisa ram yang tersisa, maka komputer akan semakin lambat. Close beberapa program yang ada pada taskbar. Anda bisa menghentikan beberapa aplikasi yang sekiaranya tidak perlu dengan klik kanan pada iconya di taskbar, dan biasanya ada close, kemudian klik. Jika tidak ada, anda bisa mengatur pada settingan program dengan tidak menceklis /  mendisable pengaturan pada taskbar.

2. Jangan terlalu banyak icon pada desktop. Hal ini juga sama, akan memakan space ram pada komputer.

3. Defrag lah hardisk anda. Hal ini akan mempercepat akses file / data ke hardisk anda, karena file  atau data yang sudah di defrag akan rapih dan lebih mudah dibaca oleh komputer. Untuk cara mendefrag, caranya mudah sekali.
- Buka My Computer
- Sorot Drive. Example: D
- Lalu klik kanan, dan pada bagian paling bawah masuk ke properties.
- Setelah properties, masuk ke tab Tools.
- Dan masuk ke pilihan Defragment Now




- Kemudian pilih disk mana yang ingin di defrag. Anda bisa menyorotinya, kemudian klik defrag pada bagian bawah.

4. Periksalah Apa Ada Virus. Virus bisa sangat mempengaruhi kinerja komputer. Komputer yang terserang virus akan terasa lambat bahkan mungkin sangat lambat karena kinerja virus. Scan dengan Antivirus ternama di indonesia, Smadav. Jika ditemukan, maka silahkan di bersihkan.

5. Jangan terlalu banyak menginstall software. Jika anda sering mengintal software, maka disk anda akan cepat penuh, ram anda akan termakan oleh software tersebut, dll. Usahakan install software yang diperlukan saja. Jika hanya di pakai sekali dua kali, maka jika sudah dipakai lebih baik di unninstall saja softwarenya.

6. Jangan terlalu banyak hiasan pada komputer. Contohnya, anda menambahkan fitur-fitur hiasan pada komputer, dll. Ini akan memakan kinerja prosesor dan space ram yang akan memperlambat.

5. Bersihkan registry anda dan defrag registry anda.

6. Letakan komputer di posisi yang tidak terlalu memojok agar mendapatkan sirkulasi udara yang cukup. Jika anda meletakkanya di posisi yang terpojok, maka sirkulasi tidak akan berjalan lancar, dan prosesor akan panas. Jika prosesor panas maka komputer akan terasa lambat, dan jika sudah terlalu overheat akan mati. Namun jika terjadi overheat biasanya disebabkan oleh kipas prosesor yang mati.

7. Seringlah mengecek hardware-hardware di dalam casing komputer. Jika anda sedang berkerja di komputer, lalu komputer menjadi lambat setelah beberapa lama dinyalakan, maka ada kemungkinan kipas di dalam casing ada yang mati, dan menyebabkan panas yang akan memperlambat komputer. Seringlah mengecek hardware komputer anda.

8. Gunakan satu Antivirus dalam satu komputer. Dalam beberapa komputer yang pernah saya gunakan milik kawan saya, banyak yang menggunakan lebih dari satu Antivirus dalam satu komputer. Percuma saja, ini bukanya malah melindungi komputer anda, bahkan ini malah merugikan anda. Dua antivirus yang berkerja dalam komputer anda akan saling menganggap Antivirus lainya sebagai virus. Contohnya anda menggunakan Antivirus McAfee dan Avast. Dua Antivirus itu dijalankan, dan tidak jarang Avast akan menganggap Mc Afee sebagai virus, bahkan sebaliknya. Kerugian lainya, sebuah antivirus biasanya memakan jumlah space ram yang besar, apalagi dua antivirus yang berkeja bersamaan. Ini akan memakan secara double space ram anda. Gunakan saja Antivirus yang bagus namun hanya memakan sedikit space ram, seperti Smadav.
Penyebab Antivirus banyak memakan space ram adalah karena fitur real timenya yang paling banyak memakan space ram.

9. Upgrade Hardware Anda. Jika hardware anda sudah ada yang rusak, maka komputer tdak akan berjalan secara optimal dan tentunya akan lambat bahkan komputer akan mati.

9. Sering Bersihkan Jeroan Komputer Anda. Debu yang banyak menyebabkan sirkulasi udara akan tidak lancar, dan akhirnya prosesor atau vga tidak mendapatkan dingin yang cukup dan akan panas. Jika sudah lambat, maka komputer akan lambat.

10. Perhatikan Space Hardisk Anda. Jika hardisk sudah terlalu banyak di isi oleh data, maka akan lambat proses atau pengaksesan datanya. Contohnya anda memiliki hardisk dengan kapasitas 300 GB. Batas maksimal yang dapat anda isi adalah 290 GB saja. Jika sudah 95% hardisk terisi, maka komputer akan lambat sekali. Belilah hardisk baru untuk mengurangi beban hardisk primer. Jika anda tidak memiliki cukup uang atau tidak ingin membeli sebuah hardisk baru, maka belilah flashdisk berkapasitas besar atau hardisk eksternal.
Atau anda bisa menggunakan software kompresi ternama, yaitu Winrar yang dapat mengecilkan ukuran file anda dengan cara di kompresi. Hasilnya, file akan lebih kecil tanpa merusak data yang sebenarnya.

Mungkin itu yang dapat saya tulis untuk mengatasi masalah pada komputer lambat.
Terimakasih. :D

0 komentar:

Posting Komentar